Selasa, 26 Maret 2013

menentukan ide pokok

Cara Menentukan dan Pengertian Ide Pokok, Kesimpulan, Ikhtisar dan Tanggapan
Dalam sebuah kalimat atau sebuah paragraf terdapat ide pokok, kesimpulan, ikhtisar maupun tanggapan. Untuk dapat mengetahui cara menentukan ide pokok, kesimpulan, ikhtisar maupun tanggapan adalah sebagai berikut :


Menentuan Ide Pokok

Ide pokok atau gagasan utama adalah pernyataan yang menjadi inti pembahasan.

Ide pokok terdapat pada kalimat pokok/ utama dalam setiap paragraf. Letak ide pokok biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf. Tetapi ada juga yang terletak di tengah paragraf bila paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi. Ciri kalimat pokok antara lain memiliki makna yang paling umum di antara kalimat-kalimat yang terdapat pada paragraph tersebut.

Contoh :
Rumah tinggalku sangat menyenangkan. Kakak dan adik-adikku serta aku merasa tentram bila berada di rumah. Kami bisa berdiskusi, bercengkerama, bersendagurau dan bermain bersama. Disamping tempatnya nyaman, jauh dari kebisingan suara mobil, juga penghuninya ramah tamah.
Ide Pokok : Rumah yang menyenangkan

Menentuan Kesimpulan

Kesimpulanadalah pernyataan berisi fakta, pendapat, alasan pendukung tanggapan terhadap suatu objek. Atau dapat pula dikatakan bahwa kesimpulan merupakan akhir dari suatu uraian berupa informasi.


Contoh :
Pengguna jasa angkutan udara dan darat di Jakarta, Semarang dan Surabaya pada musim liburan sekolah Juni-Juli 2010 mencapai puluhan ribu orang. Seluruh penerbangan dan pelayaran menuju Jakarta, Semarang dan Surabaya penuh dan pesanan tiket melonjak dari hari biasa.
Kesimpulan : Pesanan tiket jasa angkutan melonjak pada musim libur sekolah.

Menentukan Ikhtisar
Ikhtisar adalah intisari dari beberapa kalimat dalam paragraf atau intisari beberapa paragraf dalam teks bacaan yang disusun bebas dalam satu bentuk tulisan baru tanpa mengubah isinya.

Contoh :
Bapak dan Ibu Guru, jasamu cukup besar kepada kami. Kami tidak dapat membalas jasa Bapak/Ibu kepada kami. Kepada adik-adikku kelas satu dan dua, kakak yakin selama kita bergaul, banyak sekali kesalahan yang kakak buat. Dalam kesempatan yang baik ini, kakak mohon maaf dan kalau ada kesalahan adik-adik kepada kakak, kakak telah memaafkannya. Kakak berpesan kepada kalian, rajin-rajinlah belajar, dengarkan, dan laksanakan apa yang disampaikan Bapak dan Ibu Guru, serta manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan kalian memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari apa yang kami capai saat ini.
Ikhtisar : Perwakilan siswa kelas tiga menyampaikan terima kasih kepada gurunya. Ia juga berpesan kepada adik-adik kelasnya agar menjadi siswa yang baik dan meminta maaf atas kesalahankesalahannya.

Menentukan Tanggapan

Tanggapanadalah respon terhadap fakta yang ada. Bentuknya bisa berupa kalimat pendapat yang didasarkan pada isi teks. Bila isi teks menginformasikan hal positif dapat dibuat tanggapan positif berupa persetujuan. Namun, bila isi teks negatif, tanggapan bisa berisi negatif atau penolakan.

Contoh :
Karakter lalu lintas di jalur Cikampek– Cirebon memang sangat berbeda dengan jalur lainnya. Jalur ini dipadati oleh truk dan bus dari berbagai jenis dan ukuran. Tak pelak lagi pengemudi kendaraan pribadi harus ekstra hati-hati.
Tanggapan : Menurut saya jika melewati jalur Cikampek – Cirebon, kita harus ekstra hati-hati karena jalur ini berbeda dengan jalur lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar